TEKS DESKRIPSI

Pengertian Teks Deskripsi Dalam Bahasa Indonesia Beserta Struktur, Contoh, Ciri-ciri dan Jenisnya





Teks deskripsi, eksposisi, hingga eksplanasi dan beberapa teks lain merupakan beberapa materi yang diajarkan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Setiap teks mempunyai ciri-ciri yang membedakan antara satu teks dengan teks lainnya. Dalam edisi tulisan ini, Zenius Blog mengupas semua hal yang berkaitan dengan teks deskripsi. 

Dalam belajar Bahasa Indonesia ada banyak jenis teks yang kamu pelajari dan kamu temui sehari-hari saat kamu membaca. Namun terkadang jika kita ditanya termasuk kedalam jenis teks apakah yang kita baca, kita sering keliru dan perlu banyak waktu untuk berpikir sebelum menjawab. Kali ini Zenius Blog membahas tentang salah satu jenis teks dalam Bahasa Indonesia yaitu  teks deskripsi lengkap dengan ciri-ciri dan jenisnya. 

Teks deskripsi

Teks deskripsi adalah salah teks yang gagasan utamanya dikembangkan dengan dilukiskan atau dikembangakan dengan sejelas-jelasnya. Dalam pengertian lain, teks deskripsi dapat diartikan sebagai sebuah paragraf yang menjabarkan secara jelas peristiwa, objek, atau tempat yang dalam bacaan tersebut yang menjadi topik pembaca. Teks deskripsi dilukiskan dengan cara yang sejelas-jelasnya dengan tujuan agar pembaca bisa merasakan langsung atau seolah-olah ada dalam teks cerita tersebut, sehingga apa yang disampaikan oleh penulis kepada pembaca bisa dipahami dengan mudah. Pada umumnya penulis menjelaskan teks menggunakan suatu ilustrasi seperti rasa, warna, rasa, keadaan atau kesan yang ada sesuai dengan topik yang ingin disampaikan. Keberhasilan dari teks deskripsi ini bisa diukur ketika si pembaca bisa merasakan, melihat ataupun mendengar objek dan peristiwa yang sedang dideskripsikan. 

Untuk lebih jelas tentang materi teks deskripsi, silakan lihat video di bawah ini 



Komentar